Mengapa laptop bisa cepat panas ?

Sunday, November 11, 2012

Laptop saya sangat panas dan akhirnya mati atau macet - ini adalah salah satu keluhan yang kadang terjadi pada pemakai laptop. Mengapa terjadi? Apakah masalah ini bisa kita perbaiki? Kemungkinan besar masalah ini dikarenakan kipas pendingin dan heatsink prosesor yang kotor.seperti gambar dibawah ini :

Setiap laptop memiliki modul pendingin yang terdiri dari heatsink dan kipas pendingin. Ketika laptop bekerja, prosesor (CPU) memanas dan oleh sebab itu heatsink semakin panas juga.
Masalahnya  ketika modul pendingin laptop menyedot debu terlalu banyak. Biasanya debu terkumpul antara kipas dan heatsink. Debu menyumbat heatsink dan menyumbat aliran udara di dalam modul pendinginan. Akhirnya, prosesor akan sangat panas dan laptop akan mati tiba-tiba atau macet. Masalah ini bisa diperbaiki dengan membersihkan modul pendingin laptop.  


Cara membersihkan modul pendingin.
  1. Buka penutup bawah laptop, pada beberapa type laptop ada yang hanya membuka penutup bawah laptop,namun ada yang harus membongkar total (jika anda tidak berpengalaman lebih baik meminta bantuan teknisi yang berpengalaman.)
  2. Kemudian lepas heatsink, kipas pendingin dan kabel power kipas,bersihkan dengan kuas lembut debu yang menumpuk pada heatsink maupun kipas.
  3. Jika pasta termal pada prosesor kering,ganti dengan yang baru.
  4. Jangan lupa juga bersihkan pula beberapa bagian dari laptop dengan kuas, seperti ,soket memory
  5. Pasang kembali kipas pendingin dan heatsink,pada prosesor,jangan lupa untuk memasang kabel power kipas pendingin.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »